Mihoyo baru saja mengumumkan kolaborasi mereka  dengan mendatangkan Aloy yang merupakan karakter utama dari Horizon Zero Dawn ke dalam game mereka yaitu Genshin Impact.

Hal tersebut diumumkan lewat twitter dengan akun @PlayStation. Aloy sendiri akan tampil dalam visual yang identik dengan Genshin Impact. Karakter ini akan hadir dalam waktu yang terbatas.

“Aloy adalah karakter bintang lima, dengan skill kombo yang unik, dan kemampuan elemen cryo,” jelas perusahaan.

MiHoYo menjelaskan, semua pemain PlayStation bisa mendapatkan Aloy hanya dengan cara login ke game Genshin Impact di konsol PS4 atau PS5 mereka ketika versi 2.1 sudah digulirkan secara global.

Saat login, gamer akan mendapatkan pemberitahuan di mailbox dalam game. Usai mengklaim Aloy, kamu dapat memainkan dia di berbagai versi Genshin Impact–berkat cross save.

Player juga berkesempatan untuk mendapatkan busur bintang 4 yang hanya bisa dipakai oleh Aloy. Sayang, masih belum diketahui secara pasti bagaimana cara mendapatkannya di Genshin Impact.

Saat Genshin Impact di update ke versi 2.1, semua pemain dengan rangking adventure di atas 20 dapat mengklaim Aloy dan busur ikonik miliknya. Meski detail lebih lanjut belum diungkap, Aloy akan tersedia di Genshin Impact hingga versi 2.1 berakhir.

Informasi, ini bukan pertama kalinya Aloy muncul di dalam game lainnya. Sebelum ini, dirinya juga sempat muncul di Monster Hunter World dan ekspansinya, Iceborne, hingga Fortnite.

MiHoYo sendiri saat ini sedang disibukkan dengan peluncuran besar-besaran Genshin Impact versi 2.0. Pada update kali ini, perusahaan menambahkan kota baru, cross-save, fitur PS5, dan banyak lagi.

Berdasarkan bocoran yang beredar saat ini, update Genshin Impact versi 2.0 akan hadir disertai dengan fitur save lintas platform.

Seperti yang diketahui, pengembang masih “mengunci” fitur save lintas platform ini. Karenanya, pemain harus bermain gim Genshin Impact dari awal setiap kali bermain di beberapa platform gim.

Rencananya, fitur save lintas platform ini akan hadir bersamaan dengan peluncuran gim Genshin Impact di konsol Nintendo Switch.

Beralih kabar berita lainnya, salah satu game sepakbola yang terkenal yaitu PES. Para fans tampaknya harus mengucapkan selamat tinggal kepada game PES.

Hal tersebut dikarenakan konami tidak lagi memperpanjang game tersebut dan menggantinya dengan game baru yang bernama eFootball.

Konami juga mengumumkan game ini akan menjadi digital sepenuhnya dan dapat dimainkan secara gratis.

eFootball akan tersedia di PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox dan PC pada musim gugur tahun ini, menyusul kemudian di iOS dan Android.

Lalu pada musim dingin 2021, game ini akan mendukung cross-play. Kendati, pemain perangkat mobile harus menggunakan kontroler untuk bisa bermain melawan pengguna konsol atau PC.

Konami pun menggunakan mesin baru yang dibuat khusus dari Unreal Engine 4, tidak lagi Fox Engine. Karenanya, eFootball kemungkinan secara fungsional akan sama di semua platform.

Produser PES, Seitaro Kimura mengatakan eFootball mengambil pendekatan platform dengan update berkala. Untuk itu, tidak ada biaya tahunan, tapi tiap platform akan mendapatkan update gratis setap musimnya.

Saat meluncur nanti, eFootball baru akan menghadirkan opsi pertandingan eksibisi dan terlihat hanya ada sembilan klub yang dapat dipilih.

Adapun klub tersebut adalah Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, Manchester United, Arsenal, Corinthians, Flamengo, Sao Paulo and River Plate. Nantinya, sejumlah klub lain juga disebut akan bergabung.

Kendati demikian, informasi mengenai model monetisasi game ini belum banyak diketahui. Konami pun mengatakan informasi lebih lanjut soal game ini akan diungkap bulan depan.