Bermain game dengan waktu yang cukup bukan hanya bisa membuat kita terhibur namun juga bisa membantu kita dalam melatih otak kita.

Tetapi, memainkan game dengan waktu yang lama dan terus menerus bahkan hingga kecanduan memang sangat berpengaruh kepada kesehatan sekaligus bentuk tubuh.

Satu tim peneliti yang berasal dari Amerika sudah menciptakan sebuah model yang memberikan simulasi mengenai penampilan orang yang memainkan game dalam waktu yang lama. Para peneliti ini memberikan model ini nama Michael.

Tim peneliti lalu memgbuat sebuah prediksi mengenai efek nyata di tubuh Michael yang menjadi seorang pecandu game.

Mereka memberi lihat sebuah perubahan fisik ke tubuh Michael yang terus bermain game selama puluhan jam sehari sepanjang 20 tahun.

Kalau kondisi Michael saat memainkan game dalam waktu yang lama tiap hari tak berhenti, maka di tahun 2040 Michael akan punya tengkorak yang cekung dikarenakan tekanan terlalu lama menggunakan headphone disertai dengan kebotana yang muncul karena ia hanya berdiam di rumah.

Ia tak banyak mendapatkan paparan sinar matahari sehingga membuatnya kekurangan vitamin D. selain itu, matanya juga merah serta punya lingkaran hitam dikarenakan bergadang untuk bermain game yang bisa menyebabkan gangguan tidur.

Bermain game terus menerus sepanjang 20 tahun juga akan mengakibatkan tubuh Michael berbeda jika dibandingkan dengan orang normal.

Duduk dengan posisi yang salah dalam waktu yang lama serta kebiasaan menetap membuat punggungnya membungkuk, bahunya bulat, punuknya muncul, serta ia juga mengalami kegemukan karena terlalu banyak duduk.

Selain itu, warna kulitnya juga akan menjadi pucat dikarenakan kadar vitamin D pada tubuhnya sangat kurang.

Para peneliti juga turun menggambarkan Michael yang berlebihan memakain controller PlayStation yang membuat struktur jari – jarinya jadi berubah secara signifikan, terutama di ibu jarinya.

Selain itu, kalau Michael memakai keyboard serta mouse untuk memainkan game, bukan hanya jari – jari Michael saja tapi juga pergelangan tangannya akan ikut cacat.

Lalu, memainkan game secara terus menerus juga akan membuat Michael mengalami kelainan di bentuk kakinya.

Kakinya akan berbentuk sedemikian rupa serta ia akan mengalami varises dan juga kaki bengkak di tahun 2040.

Semua perkiraan tersebut akan menunjukkan bagaimana orang yang memainkan game dengan waktu yang lama serta secara terus menerus atau kecandan game bisa sangat merasakan pengaruhnya.

Itulah kenapa, agar bisa menghindari pola ini terjadi kepada diri kita sendiri, ada baiknya kita mengontrol waktu yang dihabiskan untuk memainkan game supaya secukupnya saja dan bukan yang berlebihan.

Sebenarnya bermain game juga bukanlah hal yang salah asalkan kita tahu waktu dan bisa membatasinya.