Pada tiap tahunnya, industry gaming yang ada di Indonesia memang terus berkembang dengan sangat cepat serta memberikan tren yang positif. Lewat data Sensor Tower di kuartal tahun 2021, Indonesia menempati posisi ke 3 sesudah Brazil dan India.

Indonesia berkontribusi di dalam jumlah download an game terbanyak yang ada di App Store serta di Google Play.

Salah satu alasan kenapa Indonesia bisa berada pada ranking ke 3 teratas pada laporan ini adalah dikarenakan adanya fenomena esports di Tanah air.

Dari potensi yang muncul itu, pemerintah pun menyambut dengan baik perkembangan dalam industry game, esports, hingga ekosistem digital yang menaunginya secara keseluruhan.

“Dukungan pemerintah bukan hanya sebatas untuk esports saja namun juga game serta ekosistem digital secara keseluruhan.” Ucap Semuel Abrijani Pangerapan yang merupakan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kemkominfo RI dalam diskusi panel online bertajuk Pertumbuhan cepat, inovasi serta peran industri game dan esports di Indonesia pada hari Rabu 27 Oktober 2021.

Diberikan pengakuan bahwa sampai sekarang masih ada banyak paradigma, sentiment positif, hingga penolakan yang keras dari orangtua mengenai game serta esports.

Semuel memberikan saran untuk “Para pelaku yang berkecimpung di dalam industry game ini juga harus secara rutin mengikuti sosialisasi dampak positif serta membuktikan dan juga memberikan kontribusi untuk ekonimi digital Tanah Air.”

“Kita juga sudah punya Indonesia Game Rating System (IGRS), yang merupakan penerbit atau developer yang dapat memberikan informasi dengan jelas mengeai konten serta batasan umur yang dapat bermain game mereka,” ucapnya.

Anthonius Malau selaku Plt. Direktur Pengendalian Aplikasi Informastika mengatakan, “Kalau memang ada pengembang yang nakal, maka pihak mereka bisa melakukan tindakan tegas jika ditemukan ada game yang melanggar undang – undang.”

Walaupun sudah ada IGRS, namun masih banyak orangtua yang masih melihat game tersebut Cuma menghabiskan waktu serta memiliki unsur judi. Karena itulah, para orangtua juga harus mendapat literasi yang mendalam mengenai game.