1 lagi tempat ikonik yang ada di Jepang di tutup. Ini bisa dibilang sebagai akhir dari perjalanan. Game arcade sendiri merupakan mesin permainan hiburan yang biasanya dioperasikan dengan koin yang terpada pada tempat – tempat bisnis umum misalnya bioskop, restoran, bar, sampai dengan pusat permainan hiburan.

Sebelum ini, Sega sudah pernah menutup Arcade Sega di Akihabara. Sega Sammy yang merupakan perusahaan induk di balik Sega Entertainment sudah memberikan pengumuman bahwa mereka akan memperjualnkan bisnis arcade kepunyaan mereka ke Genda Inc., yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bisnis rental hiburan.

Sekarang ini, Sega Ikebukuro GiGO sudah mengambil langkah yang juga sama. Sega Ikebukuro GiGO yang umurnya sudah hampir 3 dekade lamanya ini akan di tutup selamanya.

Sega Ikebukuro GiGO sendiri merupakan tempat untuk para gamer, otaku, sampai dengan fujishi. Fasilitas yang dipunyai oleh gedung dengan 8 lantai ini dibuka di tanggal 21 Juli 1993. Sejak itu, namanya pun jadi harum serta ada banyak penggemarnya.

Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, game arcade pun perlahan – lahan mulai kehilangan pesona mereka.

Canggihnya gameplay serta kesenjangan audio serta juga visual ke dalam permainan ini tidak terlawan lagi.

Sega Ikebukuro GiGO juga kabarnya pernah ikut mencoba untuk beradaptasi. Tetapi, tetap saja tidak bisa melawan canggihnya teknologi terbaru yang ada sekarang ini.

Dilihat dari masa keemasannya, Sega Ikebukuro GiGO punya ruangan karoke sekaligus ada kafe dengan tema Sakura Wras yang sempat populer pada Sega.

Lalu, ada pula Sega Taiyaki yang khusus menjual manisan Jepang pada lantai nya yang pertama. Lalu sesudah tutup buku, bangunan bekas dari Sega Ikebukuro GiGO ini kabarnya akan direnovasi kembali menjadi Genda Sega Entertainment.

Ini merupakan nama baru milik divisi perusahaan penyewaan mesin arcade hiburan Genda yang basisnya ada di Tokyo.

Toko ikonik ini kabarnya sudah ditutup secara resmi di bulan lalu atau tepatnya di tanggal 20 September.

Hal ini tentu saja membuat banyak gamer yang patah hati, terutama para gamer yang tinggal di jepang dan dekat dengan Sega Ikebukuro GiGO.

Agar menghibur para gamer yang kehilangan Sega Ikebukuro GiGO ini, pusat game pun nantinya akan berencana dibuat pada sekitar lingkungan itu juga.

Pusat game tersebut nantinya mungkin tak akan sebesar dan seluas Sega Ikebukuro GiGO. Namun, pasti akan tetap bisa mengobati kerinduan mengenai game arcade yang sempat populer di tahun 90 an ini.

Jadi, kalau kalian saat ini berencana ke jepang dan mau berkunjung ke Sega Ikebukuro GiGO, lebih baik kalian cari alternatif tempat lain ya!