Apple dan Spotify merilis lagu yang paling sering distreaming oleh para penggunanya. Di dalam daftar tersebut ada bintang dunia seperti Ed Sheran, Taylor Swift, dan Bad Bunny yang memang tahun ini ikut mengisi tangga lagu dunia.

Tapi yang menjadi puncak tangga lagu di UK adalah Olivia Rodrigo, pendatang baru dengan lagu popnya, ‘Good 4U’ menjadi lagu yang paling sering di mainkan pada dua platform tersebut. Secara global, debut dari Olivia Rodrigo dengan ‘Driving License’-nya menjadi yang paling sering didengarkan oleh para pendengar Spotify.

Sedangkan para pendengar Apple music lebih suka mendengarkan lagu pop dari BTS, yang singlenya ‘Dynamite’ menjadi lagu paling sering diputar selama satu tahun. Sebenarnya lagu full bahasa Inggris pertama BTS ini rilis di tahun 2020, tetapi Dynamite tidak masuk ke dalam daftar lima besar di Spotify. Ini kemungkinan dikarenakan Spotify baru tahun ini rilis di Korea Selatan.

Artis British tahun ini dengan baik muncul di chart akhir tahun, dengan album dari Dua Lipa dengan konsep disco-pop yakni ‘Future Nostalgi’ menjadi album kedua yang paling didengarkan di Spotify setelah ‘Sour’ milik Olivia Rodrigo.

Ed Sheeran tahun ini juga merilis sebgau lagu berjudul ‘Bad Habits’, lagu ini pun menjadi lagu ketika terbesar yang sering diputar di Spotify. Tetapi di Apple chart, lagu ini hanya berada pada urutan ke 53., tetapi ini tetap menunjukkan dengan baik pendapat penggemar di US.

Para pendengar Apple di Inggris tetap mendukung Ed Sheran, di mana ‘Bad Habits’ berada pada posisi global dengan menjadi lagu ketiga yang paling banyak diputar di tahun ini di negara tersebut.

Tetapi grafik ini disusun terlalu dini, karena lagu yang Adele rilis yakni ‘Easy On Me’ sayangnya tidak masuk ke Top 100 Apple sama sekali.

Dengan sisa satu bulan di tahun 2021 ini, kemungkinan Adele tetap bisa masuk ke dalam posisi 10 besar. Album keempatnya ini mendapatkan penjualan yang besar di Amerika Seikat, bahkan hanya membutuhkan waktu satu minggu penjualan.

Menurut Spotify, artis paling populer di tahun ini adalah Puerto Rican rapper Bad Bunny, yang berhasil mengumpulkan angka yang menakjubkan, yakni 9 miliar streaming.

“Aku tidak terlalu tertarik untuk menjadi artis yang paling sering di streaming,” ucap rapper berusia 27 tahun tersebut.

“Aku hanya ingin membuat musik. Aku hanya menikmati pekerjaanku,”

Penyanyi lain yang tahun ini ikut memeriahkan gelantika musik dunia adalah Taylor Swift yang merilis versi baru dari album klasiknya, yakni ‘Fearless’ dan ‘Red’. Ini menjadikannya sebagai artis kedua yang paling sering dimainkan di Spotify, diikuti dengan BTS, Drake, dan Justin Bieber.