Nama YouTuber Sunny Dahye baru-baru ini jadi sorotan publik di Tanah Air. Pasalnya baru-baru ini muncul selentingan tak sedap mengenai karakter sang YouTuber. Hal ini berawal dari sebuah akun Instagram anonim dengan nama akun @sunnyisaliar2.

Dalam akun disampaikan sejumlah tudingan terhadap selebgram asal Korea Selatan yang pernah menetap di Bali ini. Salah satu unggahan yang dibagikan, adalah tangkapan layar percakapan DM dengan sumber yang mengaku kenal dengan Sunny Dahye.

Dalam tangkapan layar tersebut, nama pemilik akun sengaja ditutup, tapi menyisakan tanda centang biru tanda akun telah diverifikasi.

Topik percakapan ini cukup luas. Salah satunya Sunny Dahye disebut berbohong dengan mengaku di depat kamera tidak makan saat bulan puasa. Sunny juga diklaim pernah mengatakan bahwa pemirsa dari Indonesia (maaf) bodoh dan miskin.

Dalam akun ini dimuat pula pengakuan seorang ilustrator bernama Natasha-Elle dengan akun @sadshrimps. Ia menjelaskan tidak mendapat credit yang dijanjikan kepadanya setelah membuat animasi pembuka video untuk serial “Sunny July” dan ilustrasi lain untuk sang YouTuber.

“Aku tak akan bekerja dengan sunny atau chris lagi :)) dan tak ada seniman yang seharusnya melakukannya,” tulisnya. Chris, adalah suami dari Sunny.

Unggahan ini makin viral setelah dibagikan di sejumlah akun lain seperti AreaJulid dan Lambe Turah.

Lewat sehari setelah isu ini merebak, Sunny Dahye belum juga bergeming. Hingga saat ini ia belum memberikan tanggapan, baik melalui akun Instagram maupun YouTube miliknya.

Sebaliknya, warganet melancarkan serangan untuk sang YouTuber. Unggahan Instagram maupun YouTube terbarunya dipenuhi sindiran oleh warganet.

“Cari duit dari indo tp nge rasis in indo maunya apa sih mbak,” komentar seorang warganet di Instagram, yang disukai 2.700-an orang. Pengguna Instagram lain ikut berkomentar, “Thank god i stopped watching you since 2019.”

Komentar di YouTube juga 11-12 dengan di Instagram. “Netizen Indonesia tolong dong keluarin kekuatannya…jujur ni ngerasa sakit hati banget…untukmu sunny tanpa netizen Indonesia km bukan apa2…,” seorang warganet berkomentar di platform ini, dan diberi acungan 10 ribu jempol.

Ada pula yang masih berharap rumor ini kabar burung belaka.

“Kak, semoga rumor” Yang beredar itu ga bener kak, walupun mantan animator udah bicara, tapi semoga rumor kak sunny ngata ngatain Indonesia ga bener, kalau bener , well……. Goodgame kak udah nipu viewers Indonesia selama bertahun-tahun :(,” kata seorang warganet.

Sementara itu, sejumlah unggahan berupa percakapan DM dengan sumber anonim telah dihapus dari akun @sunnyisaliar2. Sang pemilik akun menyebut sudah banyak hukuman sosial yang didapatkan Sunny dan sang suami, Chris.

“So let me take down some post that doesn’t include hard proof on it (yang cuma dm berisikan kata2 aja). Meskipun gw personally percaya banget sama sumber gw (akun verified itu) tp let’s say gw ga akan memperkeruh lagi dengan hal2 yang belum terbukti/ cuma sekadar kata2 saja,” tulisnya.